Palembang

2023 Palembang Bakal Gunakan Bus Listrik

SUMSELNETMEDIA.COM, Palembang – PT Transmusi Palembang Jaya (TMPJ) berencana mengganti unit armada bus berbahan bakar minyak (BBM) dengan tenaga listrik (bus listrik).

Hal ini diungkapkan Direktur Utama (Dirut) PT TMPJ, Antony Rais, Rabu (30/6).

Menurut Antony, rencana penggantian unit armada bus Transmusi ini memang dilakukan pihaknya untuk beberapa tahun ke depan. Dengan menggunakan anggaran perusahaan (beli sendiri).

“Sekarang masih dalam tahap pembahasan. Karena penggantian armada dari BBM ke listrik ini perlu banyak pertimbangan,” ujarnya.

Tetapi lanjut Antony, rencana ini masih diperhitungkan realisasi pada tahun 2023 mendatang. Sebab saat ini kota yang menjadi pilot project bus listrik juga belum terlaksana.

“Perkiraan di 2023 untuk bus listrik, belum sekarang. Karena untuk Jakarta dan Surabaya juga belum untuk penggunaan bus listrik ini,” ujarnya.

Terkait biaya, Antoni menyebutkan, bus listrik ini juga masih dikaji, karena belum tau juga kalau tenaga listrik ini seperti apa ketahananya.

“Yang pasti ke unggulan dari bus listrik ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan bus BBM,” kata Antony.

Sementara itu, PT TMPJ saat ini mengelola operasional Teman Bus sebanyak 66 unit di empat koridor.

dengan empat koridor, dimana operasional empat koridor “Teman Bus” ini meliputi Alang- Alang Lebar- Dempo, Sako- Asrama Haji, Jakabaring- Plaju dan Alang-Alang Lebar- Talang Jambe. Dengan jam operasional mulai pukul 04.30 sampai 20.30 WIB.

“Operasional bus besar yakni ada 19 bus dan 2 cadangan. Sedangkan bus kecil ada sebanyak 40 busdan 5 cadangan,” ujar Antony.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *