Sabtu, Februari 04, 2023

Olahraga

Perempat Final Euro 2020: Belgia vs Italia, Berikut Rekor Pertemuannya

SUMSELNETMEDIA.COM – Dua dari empat bagan babak perempat final EURO 2020 telah terisi. Salah satunya mempertemukan dua tim yang diperkuat pemain-pemain bertalenta, yakni Belgia dan Italia.

Nama Italia sedang ramai diperbincangkan belakangan ini. Mereka berhasil memenangkan empat pertandingan termasuk saat menghadapi Austria di babak 16 besar dengan skor 2-1. Sebelum laga ini, Gli Azzurri belum pernah kebobolan.

Dalam empat pertandingan tersebut, Italia selalu bertemu dengan tim berstatus kuda hitam seperti Turki dan Wales. Tak heran kalau publik mempertanyakan kualitas sebenarnya dari pasukan Roberto Mancini itu.

Belgia bisa menjadi jawaban dari keraguan. Apalagi mereka bisa lolos ke perempat final usai menyingkirkan negara besar lainnya, Portugal. Jika mampu menang, maka tidak ada alasan lagi untuk meragukan peluang Italia melaju hingga ke final.

Rekor Pertemuan

Sejarah lebih berpihak kepada Italia. Berdasarkan catatan yang dihimpun Football Italia, Gli Azzurri dan De Rode Duivels telah bertemu sebanyak 22 kali di ajang resmi maupun non-resmi seperti laga uji coba.

14 di antaranya berhasil dimenangkan oleh Italia. Empat pertemuan lainnya berakhir imbang, dan sisanya berhasil dimenangkan Belgia. Italia juga mencatatkan 43 gol dan kebobolan sebanyak 24 kali.

Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi dalam pentas Euro 2016 lalu, di mana Italia kala itu masih dilatih Antonio Conte. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0 berkat gol Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Italia juga pernah mengalahkan Belgia dengan skor 2-0 pada laga Euro 2000 lalu. Sementara Belgia sendiri cuma meraih satu kemenangan atas Italia di pentas resmi, yakni ketika keduanya bertemu di laga leg kedua play-off Euro tahun 1972 lalu.

Perbedaan Starting XI 2016 vs 2021

Skuat Belgia memang sudah jauh berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Mereka secara konsisten menelurkan talenta berbakat yang menghiasi pentas sepak bola papan atas Eropa seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, hingga Romelu Lukaku.

Tapi perlu dicatat kalau materi starting XI Belgia saat bertemu Portugal pada Senin (28/6/2021) dinihari tadi tak jauh berbeda dari waktu menghadapi Italia di tahun 2016 lalu. Axel Witsel, Toby Arderweireld, De Bruyne, Lukaku dan Hazard tampil di laga itu.

Hanya ada tiga pemain Belgia 2016 yang tidak terlibat dalam laga kontra Portugal: Laurent Ciman, Radja Nainggolan dan Marouane Fellaini. Sementara Italia telah berubah total. Cuma Bonucci yang tampil di tahun 2016 lalu dan tampil di malam tadi.

(Football Italia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *