Sabtu, Februari 04, 2023

Olahraga

Bruno Fernandes Menghilang di Euro 2020, Portugal Angkat Koper

SUMSELNETMEDIA.COM – Bruno Fernandes menjadi pemain yang sangat menentukan di Man United. Namun, bersama Portugal di Euro 2020, Fernandes seolah hilang dan tidak memberi kontribusi yang signifikan bagi timnya.

Timnas Portugal harus mengepak kopernya dari Euro 2020. Langkah mereka terhenti pada babak 16 Besar. Portugal, sebagai juara bertahan, disingkirkan Belgia dengan skor 1-0 pada laga Senin (28/6/2021) dini hari WIB.

Laga Portugal melawan Belgia berjalan cukup seru. Portugal tidak bermain buruk. Namun, gol tunggal Torgan Hazard menjadi pembeda. Gol ini membawa Belgia melaju ke babak perempat final untuk menantang Italia.

Bruno Fernandes Hilang

Bersama Manchester United, Fernandes mencetak 18 gol dan membuat 12 assist di Premier League. Kontribusi yang membuatnya masuk dalam nominasi pemain terbaik Premier League musim 2020/2021 lalu.

Setelah tampil bagus bersama United, Fernandes pun diharap bisa menularkan performanya di Euro 2020. Namun, semua berlalu tanpa bekas. Tidak aksi menawan sama sekali dari Fernandes bersama timnas Portugal.

Fernandes tidak pernah tampil penuh dari empat laga Portugal di Euro 2020. Performa terbaiknya bisa dibilang terjadi pada laga perdana, saat Portugal menang 3-0 atas Hungaria. Pada duel ini, dia diganti pada menit ke-89.

Setelah itu, Fernandes kembali tampil inti di laga melawan Jerman. Namun, dia tampil buruk dan diganti pada menit ke-64. Pada dua laga berikutnya, Fernandes hanya menjadi pemain pengganti.

Statistik Bruno Fernandes

Bruno Fernandes hilang dari Euro 2020? Secara harafiah tidak. Tapi, jika merujuk performa buruknya, maka Fernandes seolah hilang dari Euro 2020.

Fernandes sama sekali tidak membuat assist maupun mencetak gol. Padahal, bersama Manchester United, pemain 26 tahun tampil begitu dominan. Fernandes mengambil peran yang besar untuk dua aspek tersebut di United.

Fernandes hanya melepas empat shots saja dari 205 menit kesempatannya bermain di Euro 2020. Fernandes bahkan tidak mampu sekalipun melakukan dribel melewati lawan dari tiga percobaan yang dilakukan.

Peran dan Formasi yang Berbeda?

Portugal dan Manchester United memakai formasi dan cara bermain yang berbeda. Mungkin, hal ini berdampak pada performa Bruno Fernandes yang sangat kontras bersama kedua tim itu.

Di United, Fernandes menjadi sentral permainan pada formasi 4-2-3-1. Bola selalu diberikan pada Fernandes untuk menentukan arah serangan. Fernandes juga menjadi eksekutor utama bola mati, termasuk penalti.

Sementara, di Portugal, Fernando Santos memakai formasi 4-3-3. Fernandes bermain lebih dalam dan jauh dari kotak penalti. Lalu, titik fokus permainan ada pada Cristiano Ronaldo. Sang kapten pula yang menjadi eksekutor utama bola mati Portugal.

Sumber: ESPN FC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *