Ekonomi, Ogan Komering Ilir, Palembang

BUMN PT Semen Baturaja Cetak Laba Rp 17,9 Miliar di Kuartal I 2021

SUMSELNETMEDIA.COM, BATURAJA – PT SEMEN BATURAJA (Persero) Tbk yang merupakan salah BUMN di industri semen yang beroperasi di wilayah Sumatera Bagian Selatan berhasil meningkatkan volume penjualan kuartal I (Q1) sebesar 22% menjadi 452.931 ton dengan laba Rp 17,9 miliar.

Direktur Pemasaran Mukhamad Saifudin, mengatakan tumbuhnya volume penjualan ini jauh melebihi pertumbuhan demand nasional yang hanya 2,2% dan demand Sumbagsel tumbuh sebesar 20%.

“Capaian kinerja pada triwulan pertama 2021 ini sangat baik dan menjadi pemicu bagi manajemen untuk terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik,” katanya, Kamis (20/5).

Perseroan mencatatkan pendapatan pada Q1/2021 meningkat sebesar 20% yoy dengan perolehan Rp 394 miliar. Melalui inisiatif strategis yang telah dilakukan oleh Semen Baturaja mampu mencetak laba bersih pada Q1/2021 sebesar Rp 17,9 miliar berbanding terbalik dengan kinerja Q1/2020.

‘’Kami masih terapkan beberapa inisiatif strategi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan pertumbuhan penjualan. Harus optimis jika tahun 2021 ini akan dilalui dengan kinerja positif lebih dari tahun sebelumnya,’’ katanya.

Menurutnya, berbagai strategi dilakukan guna meningkatkan kinerja. Antara lain; kebijakan kualitas produk yang menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, kontinuitas suplai seperti kesiapan armada angkutan hingga buffer stok di wilayah-wilayah penjualan strategis, dan penjualan produk turunan seperti white clay, semen mortar, beton porous, dan lainnya.

Perseroan juga tidak lupa menyiapkan dukungan bagi para pelaku usaha Ready Mix Concrete (RMC) pada segmentasi project dengan menyediakan dukungan lab beton, pendampingan job mix formula hingga peminjaman fasilitas silo mini ke batching plant untuk mendukung kecepatan dan ketepatan waktu pengerjaan proyek dimana umumnya selalu dituntut untuk selesai pada tepat waktu.

Selain kinerja penjualan semen yang tumbuh sangat baik, penjualan white clay yang merupakan salah satu produk milik perseroan pun tumbuh sebesar 67% pada Triwulan pertama tahun 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *