Palembang

Pj Gubernur Elen Setiadi Perkuat Sinergi Pemprov dan OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan di Sumsel-Babel

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M.S.E menghadiri pengukuhan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, di Kantor OJK Jalan Jend. Sudirman Palembang,l Selasa (2/7/2024) siang. 

Melalui pengukuhan ini, Elen Setiadi berharap sinergi antara Pemprov dan OJK Sumsel-Babel semakin kuat dalam menjaga stabilitas sektor keuangan dan melindungi kepentingan konsumen. Sekaligus menyampaikan ucapan  terima kasihnya  atas sinergi dan kerja sama yang sudah terjalin baik selama ini antara Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dengan pemerintah daerah Se-Sumsel. 

“Otoritas Jasa Keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas sektor keuangan dan melindungi kepentingan konsumen. Oleh karena itu, sinergi antara OJK dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangatlah krusial,” jelasnya. 

Elen pun  berharap kedua belah pihak dapat terus bekerja sama dengan baik untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Dengan tantangan dan dinamika yang semakin kompleks di sektor jasa keuangan, peran OJK semakin strategis dalam mendorong inklusi keuangan, meningkatkan literasi keuangan masyarakat, serta memastikan tata kelola yang baik di industri jasa keuangan. 

“Kami juga berharap agar OJK Sumatera Selatan dapat terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga-lembaga keuangan di daerah ini, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap sektor keuangan tetap terjaga,” tambahnya. 

Selain itu, Elen juga mengingatkan bahwa penting untuk terus mengedukasi masyarakat agar semakin memahami produk dan layanan keuangan, serta mampu mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan mereka. 

“Besar harapan kami, sinergi yang sudah terjalin dengan baik ini dapat terus berlanjut kedepannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Elen juga mengucapkan selamat atas pengukuhan Arifin Susanto sebagai Kepala OJK Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, yang menggantikan Kepala OJK Provinsi Sumsel-Babel sebelumnya Untung Nugroho. 

“Secara khusus, kami mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bapak Untung Nugroho atas kontribusi dalam pelaksanaan tugas dan koordinasi yang baik selama menjabat sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Semoga Bapak senantiasa diberikan hikmat dan berkat dalam menjalankan amanah dan tugas di penempatan yang baru” jelas Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi. 

Ucapan selamat juga disampaikannya kepada Kepala OJK Sumsel-Babel Arifin Susanto, yang baru dikukuhkan. Ia berharap semoga sinergi dan kerja sama dapat terus ditingkatkan demi mencapai visi kita bersama yaitu Sumsel Maju untuk Semua. 

Di tempat yang sama Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK RI Mirza Adityaswara mengatakan bahwa rotasi memang tengah dilakukan OJK di berbagai Provinsi di Indonesia. Dari 35 kantor cabang se Indonesia, ada 31 perputaran yang dilakukan. 

OJK sendiri menurut Nirza bertugas tidak hanya mengatur dan mengawasi sektor jasa keuangan tapi juga harus mengembangkan sektor jasa keuangan dan melindungi konsumen dan masyarakat dalam aktivitasnya dengan sektor jasa keuangan. 

Saat ini kata Mirza, OJK secara bertahap berupaya melakukan pendelegasian wewenang dari sektor keuangan yang diawasi pusat menjadi diawasi daerah.

“Misalnya juga gadai swasta, emiten juga tadinya diawasi pusat akan diawasi daerah. Secara bertahap akan terjadi penguatan kantor OJK di daerah,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan Surat Keputusan Jabatan  dari Wakil Ketua Komisioner OJK RI Mirza Adityswara kepada Untung Nugroho serta Kepala OJK Provinsi Sumsel-Babel yang baru Arifin Susanto. 

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Program Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah Antara Pemprov Sumsel dan OJK Provinsi Sumsel-Babel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *