Palembang

Jaga Kelestarian Aneka Tanaman Hayati, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Groundbreaking Pembangunan Taman Rawa Pertama di Indonesia

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H,M.S.E secara resmi melakukan groundbreaking  taman rawa pertama di Indonesia yang ditandai dengan penanaman pohon di lokasi pembangunan taman hayati, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Selasa (2/7/2024).

Menurut Elen Setiadi, keberadaan taman hayati tersebut merupakan bagian dari salah satu kewajiban Pemerintah baik ditingkat Provinsi, kabupaten dan kota. 

“Menjadi tugas pemangku kepentingan dan stakeholder terkait untuk membangun taman keanekaragaman hayati, nah diharapkan nantinya bisa diikuti kabupaten/kota. Terpenting lagi adalah bagaimana kita bisa memgembangkan lebih luas. Tidak hanya di Sumsel tapi di tingkat nasional,” tegasnya. 

Dijelaskannya, wilayah Sumatera  bagian timur memiliki topografi berupa lahan rawa gambut yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin salah satunya melalui kegiatan groundbreaking sebagai wujud dari  komitmen bersama menjaga keanekaragaman hayati yang merupakan tanaman endemik sesuai dengan kondisi lahan setempat.

“Konsepnya membangun taman yang sesuai dengan kondisi wilayah setempat. Pembangunan taman ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo tentang pengarusutamaan pembangunan keanekaragaman hayati, menjaga ekosistem dan lingkungan. Pemerintah daerah  silahkan melakukan pembangunan taman keanekaragaman hayati di wilayah masing-masing,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Kilang Pertamina RU III Plaju Yulianto Triwibowo menyampaikan ucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sumsel dan stakeholder sehingga pelaksanaan groundbreaking terwujud  sebagai bagian dari upaya  menjaga kelestarian lingkungan. 

“Merupakan upaya kita bersama menjaga keanekaragaman hayati. Ini bukti nyata Pertamina sebagai kilang tertua di Indonesia untuk selalu menjaga bisnis dan lingkungan di sekitarnya. Taman yang kita bangun hari ini adalah taman keanekaragaman hayati pertama yang dibangun di lahan basah,” tambahnya.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut  para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemprov  Sumsel dan tamu undangan penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *