Palembang, Tokoh

Akhir Masa Tugas 9 Bulan sebagai Pj Gubernur Sumsel, Agus Fatoni Terima 68 Penghargaan

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Mengakhiri masa tugasnya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni telah menerima 68 penghargaan. Prestasi tersebut diraihnya dalam rentang waktu 9 bulan, yaitu Oktober 2023 hingga Juni 2024.

Dari 68 penghargaan tersebut, 37 di antaranya diraih atas nama pribadi Agus Fatoni, yaitu Penghargaan Apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Provinsi tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel sebagai Akselerator Entas Stunting dan Kemiskinan Ekstrem dari Tribun Network.  

Kemudian, Penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berupa Anugerah Meritokrasi KASN 2023 dengan dua kategori penghargaan yaitu Kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Penghargaan sebagai Juara Pertama Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan Predikat Pemerintah Provinsi Terinovatif, Penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 kategori Nilai Tertinggi se-Sumatera dari Kementerian Dalam Negeri. 

Selain itu, ada juga Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.  

Selanjutnya, Penghargaan Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Menteri Hukum dan HAM (Kumham) Republik Indonesia dari Menteri Hukum dan HAM (Kumham) Republik Indonesia (RI), Penghargaan TOP BUMD Award 2024 atas peran dan kontribusi Kepala Daerah terhadap kinerja BUMD dari Majalah Top Business. Lalu ada juga Penghargaan Birokrat Peduli Pers dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan. 

Penghargaan kepada Pj Gubernur Sumatera Selatan atas kepemimpinannya yang berdedikasi tinggi terhadap pembangunan pemuda dan sosial masyarakat di Sumsel dari Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Bagian Selatan (Badko ΗMI), Penghargaan Kartika Pamong Praja Madya  dari Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel sebagai Sahabat PWI serta Anggota Kehormatan PWI dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat serta Penghargaan kepada Pj Gubernur Sumsel sebagai tokoh sahabat Guru dari Media Group Network. 

Kemudian, Pemprov Sumsel berhasil mempertahankan opini WTP kesepuluh kali berturut-turut dari BPK RI berdasarkan laporan hasil pemeriksaan dan LKPD 2023. 

Tak hanya berhasil menorehkan penghargaan di kancah nasional, Pj Gubernur Provinsi Sumsel Agus Fatoni dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Tyas Fatoni juga mendapat penghargaan dari tokoh adat Provinsi Sumsel di antaranya, pemberian Gelar Adat ‘Pangeran Batuah Seketi’ dari Pemangku Adat Kota Lubuklinggau, pemberian Gelar Adat ‘Suttan Mangku Keresidenan’ dari Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur, pemberian Gelar Adat ‘Meraje Emban Adat’ dari Ketua Adat Kabupaten Muara Enim, pemberian Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Sedangkan untuk penghargaan yang diraih Provinsi Sumatera Selatan selama tahun 2023 berjumlah 56 penghargaan. Di antaranya, 14 penghargaan bidang Tata Kelola Pemerintahan, 7 Penghargaan bidang Ekonomi, 3 penghargaan bidang Infrastruktur, 7 penghargaan bidang Sumber Daya Manusia dan 25 penghargaan bidang Sosial. Terdiri atas 31 penghargaan pada periode Januari-September 2023 dan 25 penghargaan pada periode Oktober-Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *