Palembang

Pj Gubernur Agus Fatoni Sambut Kepulangan 450 Jamaah Haji Kloter I Embarkasi Palembang

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyambut langsung kedatangan 450 jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) pertama Embarkasi Palembang. Fatoni menyambut langsung kedatangan mereka di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (23/6/2024).

“Syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang maha kuasa, pada hari ini jamaah haji kloter pertama telah tiba di tanah air, telah tiba di Palembang Sumatera Selatan dan Alhamdulillah semuanya lengkap berangkat 450 dan kembali 450. Kami mengucapkan selamat datang di tanah air, selamat datang di Sumatera Selatan, semoga semua ibadah haji dan semua amalan yang dilakukan selama di Madinah dan di Makkah diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ucap Fatoni.

Sebanyak 450 jamaah haji kloter pertama embarkasi Palembang tersebut berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Palembang. Mereka tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang pada pukul 10.00 WIB setelah menempuh perjalanan selama 9 jam dari Jeddah Arab Saudi.

Fatoni berpesan kepada jamaah haji untuk senantiasa menjaga ukhuwah Islamiah dan lebih meningkatkan ibadah setelah dari kepulangan menunaikan ibadah haji di tanah suci. Sebab ibadah haji bukanlah perjalanan biasa, karena tidak semua orang bisa menjalankannya dikarenakan ibadah haji merupakan panggilan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Ada yang mampu secara finansial mampu uangnya ada, tapi belum tentu berangkat. Ada yang sehat juga, belum tentu berangkat. Ada yang punya uang dan sehat juga, belum tentu berangkat,” kata Fatoni.

“Karena ibadah haji adalah panggilan Allah, menjadi jamaah haji adalah tamu Allah. Oleh karena itu ibadah haji yang sudah dilakukan mudah-mudahan bisa memperbaiki pribadi kita dan mudah-mudahan akan meningkatkan amal ibadah kita dan semakin mendekatkan kita kepada Allah  Subhanahu Wa Ta’ala,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel Syafitri Irwan melaporkan jumlah jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Sumsel pada tahun ini sebanyak 8.372 orang jamaah sementara itu 95 orang di antaranya merupakan petugas kloter. Untuk kloter pertama yang tiba hari ini berasal dari Kabupaten Musi Banyuasin dan Palembang berjumlah 445 jamaah dan 5 petugas kloter. “Jamaah haji embarkasi/debarkasi Palembang yang meninggal berjumlah 17 orang. Dua meninggal saat di embarkasi sebelum keberangkatan, sedangkan 15 jemaah meninggal di Arab Saudi,” jelasnya.

Dia mengatakan penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M berjalan sukses dengan sejumlah indikator. Di antaranya yang pertama adalah pelayanan jemaah pada fase kedatangan berjalan lancar. Kuota jemaah haji reguler sebanyak 213.320 jemaah terserap optimal hanya menyisakan 45 jemaah yang tidak bisa digantikan karena proses visa sudah ditutup.

Kedua, proses pelayanan jemaah pada fase kedatangan juga berjalan lancar, baik di Madinah maupun Makkah. Kemudian para jemaah bisa mendapatkan layanan katering, transportasi, akomodasi, termasuk perlindungan jamaah, dan bimbingan ibadah.

“Ketiga, proses puncak haji berjalan lancar. Ikhtiar mitigasi yang dilakukan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bersama otoritas Saudi berhasil memperlancar proses pergerakan jamaah dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina. Skema murur atau melintas di Muzdalifah banyak mendapat apresiasi. Jemaah bisa diberangkatkan lebih awal, jam 07.37 waktu Saudi sudah tidak ada di Muzdalifah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *