Palembang

Hadiri Peringatan HLUN Tahun 2024, Pj Gubernur Agus Fatoni Beri Perhatian Khusus kepada Lansia di Sumsel

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni sangat memberi perhatian khusus kepada pada lansia di Sumatera Selatan sebagai bentuk cinta kepada dan penghormatan kepada orang tua. Hal ini dibuktikan dengan kehadirannya pada Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (5/6/2024).

“Kita semua hadir di sini kita bisa bersama-sama mencurahkan seluruh perhatian kita, ini sebagai wujud cinta kita semua kepada orang tua/lansia,” kata Fatoni.

Fatoni menilai aktifitas para lansia di Sumsel cukup baik meski akan ada pertambahan penduduk usia di atas 65 tahun sebesar 13 persen dalam dua dekade kedepan. Oleh karena itu, pemerintah mengambil langkah agar mereka tetap mendapat perhatian dan terus produktif.

“Kita semua perlu mengambil langkah untuk memuliakan dan memperhatikan para lansia di Sumsel. Kita harus siapkan sarana, prasarana seperti pelayanan kesehatan termasuk bentuk  aktivitas yang lain agar lansia tetap produktif, bahagia dan ceria ini perlu kita lakukan bersama-sama,” ucap Fatoni. Fatoni mengingatkan tak semua orang mengalami masa lansia. Oleh karena itu, seluruh lansia yang hadir diajak untuk terus bersyukur dengan terus menjaga kesehatan, beraktifitas dan kegiatan produktif.

“Lansia jangan batasi untuk tidak bergaul tapi kita buka ruang agar mereka melakukan aktivitas sosial maka tugas pemerintah siapkan sarana-prasarana dan dukungan itu,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial (kadinsos) Provinsi Sumatera Selatan Mirwansyah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan kepedulian dan penghargaan kepada para lansia sekaligus mensosialisasikan nilai-nilai sosial, meningkatkan kesejahteraan lansia dan meningkatkan kerjasama lintas sektor yang melibatkan 150 orang lansia yang berasal dari berbagai komunitas lansia. 

“Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan kepedulian dan ke pengaturan terhadap Lanjut Usia untuk membagi untuk melembagakan nilai-nilai sosial di masyarakat yang selanjutnya meningkatkan kesadaran lanjut usia generasi penerus keluarga masyarakat dan pentingnya berbangsa dan bernegara mendorong motivasi individu keluarga masyarakat dan dunia usaha meningkatkan kesejahteraan lanjut usia dan untuk meningkatkan kerjasama lintas sektor pusat maupun sampai daerah,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *