Palembang

Ketua Umum Kadin Indonesia Apresiasi dan Dukung Launching Kopi Sumsel

SUMSELNETMEDIA, Palembang – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengapresiasi dan mendukung peluncuran ‘Kopi Sumsel’. Hal ini dikatakan saat menghadiri kegiatan launching ‘Kopi Sumsel’ di Pelataran Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (12/5/2024).

“Sebagai bentuk dukungan Kadin untuk memajukan ‘Kopi Sumsel’, kami mengapresiasi dilaunchingnya ‘Kopi Sumsel’ ini dan kami juga mendukung penuh ‘Kopi Sumsel’ ini bisa mendunia dan Alhamdulillah ‘Kopi Sumsel’ disukai oleh para peikmat kopi. Oleh karena itu, supaya dunia semakin mengenal kopi khas Sumsel kita dorong industri kopi di Sumsel ini maju,” kata Arsjad.

Arsjad juga mengaku bangga Provinsi Sumsel menjadi daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Terlebih, Provinsi Sumsel dinobatkan sebagai daerah penghasil kopi terbesar se-Indonesia dan tercatat memproduksi kopi mencapai 212,4 ribu ton atau 26,72% dari total produksi kopi nasional.

“Oleh karena itu, kegiatan yang diinisiasi Pemprov dan Kadin sangat brilian. Bagaimana menjadikan Kopi Sumsel mendunia dan dikenal masyarakat mancanegara,” ucap Arsjad.

Kemudian, Arsjad juga berharap agar Kopi Sumsel mampu mendunia. Oleh karena itu, cita-cita tersebut baru bisa diwujudkan melalui sinergi dan kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak.

“Luasnya potensi Kopi di Sumsel ini menjadi kontribusi pergerakan ekonomi, tidak hanya di Sumsel tetapi juga Indonesia. Bagaimana memberikan dampak luar biasa untuk lapangan pekerjaan, pemberdayaan manusia untuk pengembangan kopi,” kata Arsjad.

Tak hanya itu, Arsjad menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong ‘Kopi Sumsel’ agar bisa naik kelas dan merambah ekspor ke seluruh Indonesia maupun mancanegara.

“Saat ini di Korea Selatan sedang digelar event ‘Kopi Sumsel’ dan antusiasme masyarakat Korsel sangat tinggi karena negara tersebut menjadi pengkonsumsi kopi terbesar di dunia dan ini jadi kesempatan untuk’ Kopi Sumsel’ makin dikenal dan go internasional,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni secara resmi melaunching ‘Kopi Sumsel’. Launching tersebut ditandai dengan meminum kopi bersama serta pelepasan balon ke udara di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Sumatera Selatan.

“Sumsel kaya dengan banyak sumber daya alamnya dan salah satunya Sumsel memiliki komoditi andalan, yakni kopi yang menjadikan kita sebagai daerah penghasil terbesar di Indonesia. Sengaja hari ini kita luncurkan brand ‘Kopi Sumsel’ yang menjadI rangkaian HUT Sumsel,” ucap Fatoni.

Berdasarkan databoks tahun 2022, Provinsi Sumsel dinobatkan sebagai daerah penghasil kopi terbesar se-Indonesia dan tercatat memproduksi kopi mencapai 212,4 ribu ton atau 26,72% dari total produksi kopi nasional. Oleh karena itu, Fatoni mengajak berbagai pihak untuk mendukung langkah Pemerintah Daerah yang telah melaunching brand ‘Kopi Sumsel’ sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

“Kita ingin Sumsel menjadi tuan rumah untuk ‘Kopi Sumsel’ itu sendiri. Kita ingin ‘Kopi Sumsel’ ini dicintai, dinikmati oleh para pecinta kopi dari penjuru daerah di Indonesia maupun mancanegara,” kata Fatoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *