Palembang

Herman Deru Satu-Satunya Gubernur Terima Penghargaan Tokoh Kepemimpinan Bidang Kearsipan

SUMSELNETMEDIA, Jatim – Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menambah panjang daftar koleksi penghargaan yang diterimanya tahun 2023. 

Kali ini Gubernur Herman Deru dianugerahi penghargaan sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa. Herman Deru menjadi satu-satu Gubernur yang menerima penghargaan bergengsi tersebut. 

Adapun penghargaan itu diserahkan oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Drs. Imam Gunarto, M.Hum kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru melalui Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Prof. Dr.H. Edward Juliartha

dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2023 dalam rangka memperingati Hari Kearsipan Nasional ke-52 bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) El Hotel Royale Banyuwangi pada Senin (22/5). 

Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Prof. Dr. H. Edward Juliartha menjelaskan bahwa penghargaan itu didapat Gubernur Herman Deru tak lepas karena tingginya komitmen Gubernur HD dalam memajukan pengembangan kerasipan Sumsel. Termasuk inovasinya membentuk Relawan Cinta Arsip hingga ke desa-desa di Kab/kota di Sumsel. 

Prof. Edward mengatakan, sejak memimpin Sumsel Gubernur Herman Deru memang memiliki komitmen tinggi terutama dalam membangun satu paradigma besar tentang betapa pentingnya arsip. 

” Kepedulian beliau (Gubernur Herman Deru) begitu tinggi, itu ditunjukkannya dengan mewujudkan beberapa inovasi seperti ahli media kearsipan, penelurusan arsip, perbaikan arsip-arsip lama yang rusak, serta rencana dukungan pembangunan diorama arsip, galeri dan yang tak kalah penting adalah pembentukan Relawan Cinta Arsip,” jelasnya. 

Adapun tujuan pembentukan Relawan Cinta Arsip ini jelasnya tak lain sebagai jembatan komunikasi, pemberi informasi, edukasi sekaligus menyelamatkan arsip penting sebagai bagian dari memori kolektif bangsa. 

” Rencananya tiap desa ini akan dibentuk ada relawannya 3-5 orang relawan,” jelasnya. 

Selain penghargaan untuk Gubernur Herman Deru sebagai Tokoh Kepemimpinan Kearsipan Bidang Kelembagaan dan Pengembangan Kader Kearsipan pada Tingkat Desa,  penghargaan juga diraih Lembaga Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan (LP3K) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumsel Akreditasi B (Baik) untuk program pelatihan teknis bidang kearsipan, dinamis dan statis dengan kualifikasi Akreditasi B. 

Bahkan dalam kesempatan tersebut, 

Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan Prof. Dr.H. Edward Juliartha juga diberikan kepercayaan menjadi Ketua Asosiasi Kepala Lembaga Kearsipan Daerah se Indonesia menggantikan Kadin Perpustakaan dan Arsip Jabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *