Palembang

Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel laksanakan apel gelar pasukan operasi Ketupat 2023, di lapangan stadion Paakri yang dihadiri Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK bersama Pejabat Utama (PJU) Polda Sumsel

Sumselnetmedia.com-Palembang-Dalam apel gelar pasukan operasi Ketupat 2023 di pimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK,yang memberikan arahan kepada para personel yang hadir di lapangan stadion Paakri.

“Kegiatan yang kita lakukan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga satuan kewilayahan. Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023,” ujarnya.

Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H.

“Seperti kita ketahui, bahwa kerja keras bersamapada pengamanan mudik lebaran tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat,” katanya.

Berdasarkan Survei Indikator periode 5 hingga 10 Mei 2022, terdapat 73,8 perern masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik.

Terlebih lagi Kemenhub RI memperkirakanpotensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022,menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8 persen.

“Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa hati-hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik, ” tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK menjelaskan, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

Operasi initelah diawali dengan KRYD tanggal 10 hingga 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 hingga 9 Mei 2023.Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos dengan rincian 1.857 Pos Pengamanan yang berfungsi untukpusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalin,serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusatkeramaian lainnya.

713 Pos Pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis danberbagai layanan lainnya.

Dan 217 Pos Terpadu yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan command center terpadu.

Untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalianutama di Pulau Sumatera&Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai Posko Operasi Terpusat.

Posko tersebut didukung oleh berbagai kemampuan, sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan bisa termonitor secara real time.

Untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas pada jalur tol, lakukan pula langkah-langkah bersamastakeholderterkait dengan menambah petugas gardu satelit, melakukan manajemen rest area, patroli sterilisasi bahu jalan dan menyiagakan tim kontijensi dengan sarpras pendukung seperti mobil derek, ambulance, damkar, serta SPBU mobile.Khusus jalur arteri atau non-tol, Polri telah memetakan 125 titik rawan gangguan kamseltibcar lantas.

“Kemudian terkait penyeberangan laut pada tahun lalu terjadi kepadatan pada jalur menuju pelabuhan, karena kita melihat terdapat 44 persen masyarakat mengandalkan tiket go show. Oleh sebab itu, pastikan pelaksanaan pengkategorian jenis kendaraan penumpang baik mobil ataupun motor, ” jelas dia.

Selanjutnya ia menekankan terkait permasalahan laka lantas. Optimalkan langkahlangkah preventif dengan menempatkan personeldan melengkapi rambu pada titik-titik rawan kecelakaan. “Disamping itu, saya ingatkan masyarakat untukmemastikan kelayakan kendaraan sebelumdigunakan, lakukan penguatan edukasi tertib berlalu lintas, imbau pengemudi untuk memastikan kondisi kesehatan dan segera beristirahat apabila mengalami kelelahan, ” tutupnya.

Turut hadir mendampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo SIK diantaranya Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M.Zulkarnain SIK MSI Para PJU Polda Sumsel dan. Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Harryo Sugihhartono, S.I.K., M.Si.

Dari pantauan Awak media hadir
Gubernur Sumsel diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel Drs. H. Edward Candra, M.H.Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han.Kajati Sumsel Koordinator Tindak Pidana Umum Bpk. Erwin Indra Praja, S.H., M.H.Kabinda Sumsel Brigjen TNI Armansyah, S.H.;
Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han)Kalaksa BPBD Provinsi Sumsel diwakili Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumsel Bpk. Sido Santoso, S.E., M.M.Kasat Pol PP Provinsi Sumsel Bpk. H. Aris Saputra, S.Sos., M.Si.Kepala Basarnas Sumsel Bpk. Hery Marantika, S.H., M.Si.Danlanal Palembang Kolonel (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr.Hanla.Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo, M.M.O.A.S.;
Danpomdam II/Sriwijaya Kolonel Cpm Andi Suci Agustiansyah;
Kasatgaswil Densus 88/AT diwakili Iptu Marsan Saputra, S.E.Kadinkes Provinsi Sumsel diwakili Kabidyankes dr. Widya Anggraini, Mars.Kadishub Provinsi Sumsel diwakili Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan H. Yanuar Syafrin, S.E., M.Si.;
Wakil Walikota Palembang Ibu Fitrianti Agustinda, S.H.;
Kacab PT. Jasa Raharja Cabang Sumsel Bpk. Abdul HarisKetua DPRD Kota Palembang Bpk. Zainal Abidin, S.H Sekda Kota Palembang Bpk. Ratu Dewa Ketua Senkom Provinsi Sumsel Bpk. Santoso, S.H.
Kwarda Sumsel Gabungan pleton yang terlibat apel gelar pasukan OPS Ketupat Musi Tahun 2023;
dan Awak media mitra Polda Sumsel.

Reporter;Bakrie
Editor;Sabillilah

@polisisumsel
@poldasumsel
@bidhumaspoldasumsel
@sdmpoldasumsel
@polrestabespalembang
@mabespolri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *